Jl. Almamater, Kampus USU,Sumatera Utara (061) 8213250 dte@usu.ac.id

Evaluasi Capaian Pembelajaran

Assessment dilakukan untuk menilai pencapaian profil lulusan sebagai berikut:

1. Lulusan mampu mengaplikasikan bidang teknik elektro untuk menyelesaikan permasalahan pada industri, masyarakat dan pemerintahan dengan melakukan perencanaan (plan), perancangan (design), pelaksanaan (implementation) dan pengawasan (supervision)
2. Lulusan mampu menganalisa masalah dengan memiliki kapasitas pembelajaran berkelanjutan untuk meningkatkan jenjang pendidikan
dan/atau karir profesional.
3. Lulusan mampu memanfaatkan teknologi dan mengelola sumber daya dalam menjalankan peran di masyarakat, dunia industri, bisnis maupun pemerintahan

Berikut list Capaian Pembelajaran untuk mencapai profil lulusan di atas.

CP 1 Mampu menguasai pengetahuan matematika, ilmu pengetahuan alam/atau material, teknologi informasi dan kerekayasaan untuk
mendapatkan pemahaman menyeluruh tentang prinsip-prinsip Teknik Elektro.
CP 2 Mampu mendesain komponen, sistem dan/atau proses untuk memenuhi kebutuhan yang diharapkan dengan dihadapkan pada batasan realistik yang meliputi aspek hukum, ekonomi, lingkungan, sosial, politik, kesehatan dan keselamatan, keberlanjutan serta untuk mengenali dan/atau memanfaatkan potensi sumber daya lokal dan nasional dengan wawasan global.
CP 3 Mampu mendesain eksperimen laboratorium dan/atau lapangan serta menganalisis dan mengartikan data untuk memperkuat penilaian teknik khususnya dalam bidang Teknik Elektro.
CP 4 Mampu menyelesaikan permasalahan teknik khususnya dalam bidang Teknik Elektro secara bertanggungjawab dan memenuhi etika profesi.
CP 5 Mampu menerapkan metode, keterampilan dan perangkat teknik modern yang diperlukan untuk praktek profesi Teknik Elektro.
CP 6 Mampu berkomunikasi secara efektif, baik lisan maupun tulisan.
CP 7 Mampu mengevaluasi tugas-tugas secara menyeluruh dalam batasanbatasan yang ada.
CP 8 Mampu untuk bekerja dalam tim lintas disiplin dan multikultural serta global internasional.
CP 9 Mampu untuk bertanggung jawab kepada masyarakat dan mematuhi etika profesi dalam menyelesaikan permasalahan Teknik Elektro.
CP 10 Memiliki kapasitas pembelajaran sepanjang hayat termasuk akses pengetahuan yang relevan tentang isu-isu terkini.

Evaluasi capaian pembelajaran dilakukan melalui dua cara:
1. Evaluasi oleh dosen pengampu yang digunakan untuk penilaian kelulusan mata kuliah. Monitoring evaluasi ini dilakukan Program Studi Teknik Elektro dengan cara memonitor soal dan serta sampel hasil Ujian Tengah Semester dan Ujian Akhir Semester agar memiliki bobot berimbang untuk capaian mata kuliah tersebut. Sementara assessmen penugasan, kuis dan presentasi menjadi tanggung jawab dosen pengampu. Contoh assessment UTS dan UAS untuk masing-masing mata kuliah dapat diakses di sini (dengan login portal USU). (Under construction)
2. Evaluasi oleh Program Studi Teknik Elektro dengan menguji sub capaian mata kuliah (Sub-CPMK) atau rubrik pertemuan menggunakan sederet pertanyaan standar pada masing-masing Sub-CPMK. Keluaran pengujian dapat memetakan kemampuan mahasiswa pada mata kuliah yang bersangkutan sesuai CPMK dan Sub-CPMK. Di akhir studi, diharapkan evaluasi dapat memetaan kemampuan mahasiswa terhadap profil lulusan (PPM). Pengujian dapat dilakukan pada link berikut ini untuk setiap mata kuliah (dengan login portal USU). (Under construction)